banner 728x250

10 Vitamin ini untuk Daya Tahan Tubuh, Bisa Bantu Tangkal COVID-19

  • Share

Lonjakan kasus COVID-19 yang terjadi di Indonesia membuat masyarakat semakin gencar mengkonsumsi vitamin untuk daya tahan tubuh. Tujuannya agar tidak mudah sakit atau terinfeksi virus Corona. Selain terus menerapkan protokol kesehatan dengan baik dan menjalani vaksinasi COVID-19, berbagai vitamin dan suplemen juga harus terus dikonsumsi. Lalu, vitamin apa saja sih yang bisa membantu untuk menangkal virus Corona?

Sistem imun sendiri terdiri dari kumpulan sel dan senyawa kimia yang bekerja mempertahankan tubuh dari serangan patogen. Menjaga sistem kekebalan tubuh tetap kuat sepanjang waktu adalah kunci hidup sehat.

Mendapatkan daya tahan tubuh yang kuat bisa dilakukan dengan konsumsi makanan bergizi, tidur yang cukup, rutin berolahraga, dan menghindari stres. Selain itu, penelitian juga menunjukkan, berbagai suplemen, termasuk vitamin dan mineral, dapat membantu meningkatkan respons kekebalan tubuh.

Banyak yang kemudian bertanya-tanya sebenarnya vitamin atau suplemen apa yang bisa membantu kekebalan tubuh cukup kuat melawan virus Corona? Dikutip dari beberapa sumber, terdapat vitamin atau suplemen yang bisa membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh seperti berikut.

1. Vitamin D
Fungsi utama vitamin D adalah membantu tubuh untuk mempertahankan kadar kalsium dan fosfor darah yang optimal. Mendapatkan cukup vitamin D juga dapat melindungi tubuh dari infeksi saluran pernapasan.

2. Seng
Meminum vitamin yang mengandung seng dapat membantu meredakan gejala hidung tersumbat, sakit tenggorokan dan batuk dengan lebih cepat. Seperti diketahui, beberapa keluhan tersebut kerap dialami pasien COVID-19.

3. Vitamin C
Umumnya, vitamin C dapat membantu melawan pilek dengan lebih cepat. Sebagai antioksidan, vitamin C dapat membantu mengurangi peradangan, dan peradangan paru-paru yang diakibatkan oleh gejala COVID-19.

4. Vitamin B6 kompleks
Vitamin B6 sangat penting untuk menjaga sistem kekebalan tubuh. Pastikan untuk mengonsumsi vitamin B sebagai suplemen.

5. Elderberry
Beberapa penelitian menunjukkan ekstrak elderberry dapat mengurangi durasi flu, itulah sebabnya beberapa orang percaya bahwa itu juga dapat membantu sistem kekebalan tubuh untuk melawan infeksi akibat COVID-19.

6. Jamur
Jamur kaya akan selenium dan vitamin B seperti riboflavin dan niacin, yang dibutuhkan untuk menjaga sistem kekebalan tubuh agar tetap berjalan optimal.

7. Bawang putih
Sifat antivirus bawang putih dapat membantu mengurangi keparahan akibat gejala pilek, flu atau infeksi COVID-19.

8. Kurkumin
Kurkumin umumnya dikenal dengan kunyit. Kurkumin digunakan dalam pengobatan Cina sebagai analgesik, anti-inflamasi dan anti-septik. Kurkumin juga dapat membantu melawan peradangan dan membantu respon kekebalan tubuh.

9. Propolis
Propolis merupakan getah dari tumbuh-tumbuhan yang digunakan oleh lebah untuk menutupi celah pada sarangnya. Beberapa bukti menunjukkan bahwa propolis dapat membantu mencegah atau mengurangi durasi flu biasa dan infeksi saluran pernapasan atas lainnya.

10. Acai berry
Acai berry adalah antioksidan kuat dan stimulator sistem kekebalan tubuh, para peneliti mempelajarinya sebagai pengobatan potensial untuk semua jenis kondisi.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *