banner 728x250

Download Biografi Imam Malik [PDF]

  • Bagikan

Nama lengkap Yang Mulia Imam Malik adalah Malik bin Anas bin Malik bin Abi Amir bin Amru bin al-Harits bin Ghaiman bin Khutsail bin Amru bin al-Harits (Dzu Asbah) bin Auf bin Malik bin Zaid bin Syadad bin Zur’ah. Keluarga Imam Malik berasal dari kampung Dzu Asbah, sebuah suku di sekitar kota Himyar, di negeri Yaman. Abu Amir -kakek Imam Malik- pindah ke kota Madinah di masa Nabi saw dengan maksud berhijrah dari tempat lamanya dan menyambut seruan dakwah Islam. Abu Amir bertemu dengan Nabi saw, sehingga para sejarawan memasukkannya ke dalam golongan sahabat Nabi saw yang mulia.

Dan perlu diterangkan bahwa nama Anas bin Malik (ayahanda Imam Malik) bukanlah Anas bin Malik yang seorang sahabat mulia dan pembantu Nabi saw itu. Karena nama lengkap Anas bin Malik -seorang sahabat Nabi saw yang mulia- adalah Anas bin Malik bin an-Nadhar bin Dhamdham bin Zaid bin Haram bin Jundub bin Amir bin Ghunam bin Adiy bin an-Najjar al-Anshari al-Khazraji.1 Sahabat mulia Anas bin Malik wafat pada tahun yang sama dengan kelahiran Imam Malik bin Anas.

Anas bin Malik -ayahanda Imam Malik- sendiri merupakan generasi Tabi’in, yaitu generasi yang bertemu dengan para sahabat Nabi saw. Sedangkan Imam Malik ialah termasuk generasi Tabiut Tabi’in. Ibunda Imam Malik bernama Aliyah binti Syuraik al-Azdiyah.
Imam Malik bin Anas dilahirkan di kota Madinah. Menurut riwayat yang kuat beliau dilahirkan pada tahun 93 H (712 M). Memiliki kunyah Abu Abdillah, diambil dari nama putra laki-lakinya; Abdullah.

Sebagaimana Imam Abu Hanifah, Imam Malik selama hidupnya juga mengalami dua kekhilafahan Islam yaitu Daulah Umayyah dan Abbasiyah. Beliau lahir pada masa Khalifah Sulaiman bin Abdil Malik -seorang Khalifah Bani Umayyah yang ke-7.2 Sebagian yang lain menyebutkan beliau lahir di masa pemerintahan al-Walid bin Abdil Malik -Khalifah yang ke-6.3

Imam Malik dikaruniai usia yang panjang, mendekati sembilan puluh tahun. Kurang lebiih hidup di bawah era bani Umayyah selama 40 tahun. Dan 47 tahun di masa awal Bani Abbasiyah. Imam Malik mengalami lima sirkulasi kekhilafahan Bani Umayyah: al-Walid bin Abdil Malik, Sulaiman bin Abdil Malik, Umar bin Abdil Aziz, Yazid bin Abdil Malik dan Hisyam bin Abdil Malik. Sedangkan dari Bani Abbasiyah, Imam Malik mengalami masa kepemimpinan Abu al-Abbas, Abu Ja’far al-Manshur, al-Mahdi, al-Hadi dan Harun ar-Rasyid.

 

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *