banner 728x250

Doa Buka Puasa

  • Share

Doa Buka Puasa

اللَّهُـمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ بِرَحْمَتِكَ الَّتِي وَسِعَتْ كُلَّ شَىْءٍ أَنْ تَغْفِرَ لِي

Ya Allah, aku memohon kepada-Mu dengan rahmat-Mu yang meliputi segala sesuatu, agar Engkau mengampuniku.

Ibnu Majah no. 1753

ذَهَبَ الظَّمَأُ وَابْتَلَّتِ الْعُرُوقُ، وَثَبَتَ الأَجْرُ إِنْ شَاءَ اللَّهُ

Telah hilang rasa haus, dan telah basah urat-urat, serta pahala akan tetap, insyaAllah .

Abu Dawud no. 2357

اللَّهُـمَّ لَكَ صُمْتُ وَعَلَى رِزْقِكَ أَفْطَرْتُ

Ya Allah, untuk-Mu aku berpuasa, dengan rizki-Mu aku berbuka.

Abu Dawud no. 2358

اَلْحَمْدُلِلّٰهِ اَللّٰهُـمَّ صَلِّ عَلٰى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَاٰلِهِ وَسَلِّمْ, اَللّٰهُـمَّ لَكَ صُمْتُ وَعَلٰى رِزْقِكَ اَفْطَرْتُ, وَبِكَ آمَنْتُ , وَعَلَيْكَ تَوَكَّلْتُ, وَرَحْمَتَكَ رَجَوْتُ, وَاِلَيْكَ اَنَبْتُ, ذَهَبَ الظَّمَأُ وَابْتَلَّتِ الْعُرُوْقُ وَثَبَتَ الْاَجْرُ إِنْ شآءَ اللّٰهُ تَعَالٰى, يَا وَاسِعَ الْفَضْلِ اِغْفِرْلِيْ , اَلْحَمْدُ لِلّٰهِ الَّذِيْ اَعَانِيْ فَصُمْتُ وَرَزَقَنِيْ فَاَفْطَرْتُ اَللّٰهُـمَّ إِنِّيْ اَسْأَلُكَ بِرَحْمَتِكَ الَّتِيْ وَسِعَتْ كُلُّ شَيْئٍ أَنْ تَغْفِرَ لِيْ

سُبْحَانَكَ اَللّٰهُـمَّ وَبِحَمْدِكَ رَبَّنَا تَقَبَّلْ مِنَّا إِنَّكَ أَنْتَ السَّمِيْعُ الْعَلِيْمُ, اَللّٰهُـمَّ إِنَّكَ عَفُوٌّ كَرِيْمٌ تُحِبُّ الْعَفْوَ فَاعْفُ عَنَّا يَا كَرِيْمُ, اَللّٰهُـمَّ صَلِّ عَلٰى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَاٰلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلِّمْ

اَللّٰهُـمَّ يَا عَظِيْمُ يَا عَظِيْمُ أَنْتَ إِلٰهِيْ لَا اِلٰهَ غَيْرُكَ اِغْفِرِ الذَّنْبَ الْعَظِيْمَ فَإِنَّهُ لَا يَغْفِرُ الذَّنْبَ الْعَظِيْمَ اِلَّا الْعَظِيْمُ

اَللّٰهُـمَّ اغْفِرْ لَنَا وَارْحَمْنَا وَارْضَ عَنَّا وَتَقَبَّلْ مِنَّا وَاَدْخِلْنَا الْجَنَّةَ وَنَجِّنَا مِنَ النَّارِ وَاصْلِحْ لَنَا شَأْنَنَا كُلَّهُ وَصَلّٰى اللّٰهُ عَلٰى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَاٰلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ

فِيْ كُلِّ حِيْنٍ اَبَدًا عَدَدَ نِعَمِ اللّٰهِ وَاِفْضَالِهِ

اَللّٰهُـمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ الثَّبَاتَ فِيْ الْاَمْرِ وَأَسْأَلُكَ عَزِيْمَةَ الرُّشْدِ وَأَسْأَلُكَ شُكْرَ نِعْمَتِكَ وَحُسْنَ عِبَادَتِكَ وَأَسْأَلُكَ لِسَانًا صَادِقًا وَقَلْبًا سَلِيْمًا وَاَعُوْذُ بِكَ مِنْ شَرِّ مَا تَعْلَمُ وَأَسْأَلُكَ مِنْ

خَيْرِ مَا تَعْلَمُ وَاَسْتَغْفِرُكَ مِمَّا تَعْلَمُ إِنَّكَ اَنْتَ عَلَّامُ الْغُيُوْبِ وَصَلّٰى اللّٰهُ عَلٰى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَاٰلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ

فِيْ كُلِّ حِيْنٍ اَبَدًا عَدَدَ نِعَمِ اللّٰهِ وَاِفْضَالِهِ

Segala puji milik Allah. Ya Allah, berilah rahmat dan keselamatan kepada Tuan kami Muhammad dan keluarga serta shahabt-Nya. Ya Allah, karena-Mu aku berpuasa, dan dengan rizki-Mu aku berbuka puasa dan kepada-Mu aku beriman, dan kepada-Mu pula aku berpasrah diri dan kepada rahmat-Mu aku mengharap dan kepada-Mu aku kembali, telah hilang dahaga, tenggorokan telah basah dan pahala ditetapkan jika Allah yang Maha Luhur berkehendak.

Wahai Zat yang Maha Luas karunia-Nya ampunilah aku, segala puji milik Allah Zat yang telah menolongku lalu aku mampu berpuasa dan Zat yang telah memberiku rizki lalu aku bisa berbuka puasa dengan nikmat.

Ya Allah, sungguh aku memohon kepada-Mu—dengan rahmat-Mu yang dengannya segalanya bisa menjadi luas—untuk mengampuniku. Maha suci Engkau ya Allah dengan memuji-Mu wahai Tuhan kami terimalah ibadah kami karena sesungguhnya Engkau Maha Mendengar dan Maha mengetahui.
Ya Allah, sesungguhnya Engkau Maha Pengampun dan Maha Pemurah yang mencintai tindakan pengampunan maka ampunilah kami wahai Zat yang Maha Pemurah.

Ya Allah, berilah rahmat dan keselamatan kepada Tuan kami Muhammad dan keluarganya serta sahabatnya. Ya Allah Zat yang Besar, Zat yang Besar, Engkau adalah Tuhan kami. Tiada Tuhan melainkan Engkau. Ampunilah dosa besar kami, karena sesungguhnya tidak ada yang mampu mengampuni dosa besar kecuali Zat yang Maha Besar.
Ya Allah, ampunilah dosa kami, kasihanilah kami, berilah keridhaan-Mu kepada kami dan terimalah ibadah kami dan masukkan kami ke dalam surge-Mu dan selamatkan kami dari jilatan api neraka, perbaikilah semua keadaan kami, semoga Allah memberi rahmat dan keselamatan kepada Tuan kami Muhammad dan keluarga serta sahabatnya. Rahmat dan keselamatan itu sejumlah nikmat-nikmat Allah dan sejumlah karunia karunia Allah.

Ya Allah, sungguh aku memohon kepada-Mu kemantapan dalam setiap urusan dan aku memohon kepada-Mu niat yang kuat untuk mendapatkan petunjuk-Mu dan aku memohon kepada-Mu untuk mampu mensyukuri nikmat-Mu dan kebaikan melakukan ibadah dan aku memohon kepada-Mu lisan yang mampu berkata jujur, hati yang bersih.
Aku berlindung kepada-Mu dari keburukan sesuatu yang hanya Engkau yang tahu, dan aku memohon kepadamu dari kebaikan sesuatu yang hanya Engkau yang tahu dan aku mohon ampunan dari setiap sesuatu yang hanya Engkau yang tahu sesungguhnya Engkau adalah Zat yang Maha mengetahui setiap sesuatu yang gaib.

Semoga Allah memberikan rahmat dan keselamatan kepada Tuan kami Muhammad dan keluarga serta sahabatnya, dalam tiap keadaan selamanya. Rahmat dan keselamatan itu sejumlah nikmat-nikmat Allah dan sejumlah karunia karunia Allah.

Habib Muhammad Al-Haddar

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *