Dua Perbuatan Tercela

Dikatakan :

Kufur Nikmat adalah perbuatan tercela (tiada rasa syukur terhadapt nikmat yang telah Allah berikan merupakan tanda hinanya diri seseorang), sementara berteman dengan orang yang tolol (yakni orang yang meletakkan sesuatu bukan pada tempatnya, padahal dia tahu bahwa hal tersebut merupakan hal yang jelek dan tidak terpuji) adalah perbuatan sia-sia belaka (tidak diberkahi).

Imam al-Thabrani meriwayatkan dari Basyir bahwa Rasulullah saw. bersabda, “Putuskanlah persahabatan dengan orang yang tolol.” Artinya, putuskanlah kasih sayang terhadapnya. Makna hadits tersebut adalah jangan engkau bersahabat dengan orang tolol karena kondisinya yang tidak baik, sebab watak itu pencuri, bisa jadi watakmu akan mencontoh wataknya.

Diriwayatkan oleh Imam al-Tirmidzi dari ibn ‘Umar bahwa Rasulullah saw. bersabda, “Ada dua perkara, barang siapa memiliki keduanya, maka Allah akan mencatat dia sebagai orang yang bersyukur dan penyabar; dan barang siapa yang tidak memiliki kedua perkara tersebut, maka Allah mencatatnya sebagai orang yang tidak bersyukur dan tidak pula sebagai penyabar, yaitu:

1. Orang yang dalam urusan agamanya melihat kepada orang yang lebih tinggi daripadanya, lalu dia mengikutinya; sedangkan dalam urusan dunianya dia melihat kepada orang yang lebih rendah daripadanya, lalu dia memuji Allah atas karunia yang telah diberikan kepadanya, maka Allah mencatatnya sebagai orang yang bersyukur dan penyabar.

2. Orang yang dalam urusan agamanya melihat kepada orang yang lebih rendah, sedangkan dalam urusan dunianya melihat kepada orang yang lebih tinggi, lalu ia menyesali apa yang tidak dia capai, maka Allah tidak mencatat dirinya sebagai orang yang bersyukur dan penyabar.”

Hadits ini merupakan kumpulan dari segala macam kebaikan.

Sumber : Nashoihul Ibad – Syekh Muhammad Nawawi al-Jawi al-Bantani

Kajian sebelumnya Klik : https://ngaos.com/topic/nashoihul-ibad/
Download Kitab : https://ngaos.com/download/nashoihul-ibad/

Silahkan dishare, Semoga Bermanfaat
Jazakumullah Khairan Katsiran

Website : https://ngaos.com/
Youtube : https://www.youtube.com/c/NGAOS
Telegram : https://t.me/ngaos_indonesia
Instagram : https://www.instagram.com/ngaos_indonesia/
Tiktok : tiktok.com/@ngaos_indonesia
Facebook : https://www.facebook.com/groups/ngaos.indonesia
Whatsapp Grup : https://chat.whatsapp.com/EHAh34ezFFh6KW9R4zA3DN

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.