Sambut Bulan Dzulhijjah, Ini 3 Amalan yang Sangat Dianjurkan

Salah satu bulan yang memiliki keistimewaan selain Ramadhan adalah bulan Dzulhijjah. Sebagai muslim yang senantiasa mengharapkan ridha Allah Ta’ala tentu kita tidak akan menyia-nyiakan bulan yang satu ini.
InsyaAllah kita akan segera bertemu dengan hari pertama bulan Zulhijah 1443 H. Zulhijah adalah salah satu bulan haram, di mana para ulama mewasiatkan bahwa di dalamnya pahala dan dosa akan dilipatgandakan.
Selain itu, bulan Zulhijah adalah waktu pelaksanaan ibadah haji bagi yang mampu menunaikannya. Namun, Allah menyiapkan banyak keutamaan lain di bulan ini, termasuk bagi orang yang belum berkesempatan untuk berangkat haji. Karena amalan di sepuluh hari pertama Zulhijah adalah yang paling Allah sukai.

Rasulullah ﷺ bersabda:

مَا مِنْ أَيَّامٍ أَفْضَلُ عِنْدَ اللهِ وَلَا الْعَمَلُ فِيهِنَّ أَحَبُّ إِلَى اللهِ عَزَّ وَجَلَّ مِنْ هَذِهِ الْأَيَّامِ الْعَشْرِ

Tidak ada hari yang lebih utama di sisi Allah, begitu pun amalan padanya paling Allah sukai dari pada sepuluh hari ini (10 hari pertama bulan Zulhijah) (Syu’abul Iman Baihaqi no. 3861, Imam Al-Mundziri menilai hadis ini hasan).

Karena kemuliaan bulan ini, Rasulullah ﷺ menganjurkan beberapa amalan berikut untuk dirutinkan:

1. Zikir

Berzikir adalah salah satu amalan terbaik. Rasulullah ﷺ mengabarkan bahwa zikir adalah amal terbaik, tersuci, paling tinggi kedudukannya, dan lebih tinggi nilainya dari sedekah dan mati syahid di jalan Allah (HR. Tirmidzi no. 3377).

Rasulullah ﷺ bersabda:

فَأَكْثِرُوا فِيهِنَّ مِنَ التَّهْلِيلِ وَالتَّكْبِيرِ، فَإِنَّهَا أَيَّامُ التَّهْلِيلِ وَالتَّكْبِيرِ وَذِكْرِ اللهِ

Maka perbanyaklah membaca Tahlil dan Takbir, karena hari itu adalah hari Tahlil, Takbir, dan mengingat Allah (Syuabul Iman Baihaqi no. 3861, Imam Al-Mundziri menilai hadis ini hasan).

 

2. Puasa

Berpuasa pada sembilan hari pertama bulan Zulhijah adalah sunnah yang baik untuk diamalkan. Rasulullah ﷺ bersabda:

وَإِنَّ صِيَامَ يَوْمٍ مِنْهَا يَعْدِلُ بِصِيَامِ سَنَةٍ

Dan sungguh berpuasa satu hari dari 10 hari itu sama dengan berpuasa satu tahun (Syuabul Iman Baihaqi no. 3861, Imam Al-Mundziri menilai hadis ini hasan).

Kesunnahan ini juga berdasarkan riwayat Sahabat Hunaidah bin Khalid ra. dari salah satu istri Rasulullah ﷺ yang berkata:

كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم يَصُومُ تِسْعَ ذِي الْحِجَّةِ وَيَوْمَ عَاشُورَاءَ وَثَلاَثَةَ أَيَّامٍ مِنْ كُلِّ شَهْرٍ أَوَّلَ اثْنَيْنِ مِنَ الشَّهْرِ وَالْخَمِيسَ

Rasulullah ﷺ berpuasa pada sembilan hari pertama bulan Zulhijah, Hari Asyura, tiga hari pada setiap bulan, hari Senin pertama dan Kamis dari setiap bulan (HR. Abu Dawud no. 2437; Imam Suyuti menilai hadis ini hasan).

Maka akan bagus sekali jika kita dapat berpuasa di sembilan hari tersebut. Jika tidak, jangan sampai melewatkan puasa Arafah di tanggal 9 Zulhijah, atau tanggal 8 Juli 2022 nanti.

Keutamaan puasa Arafah ini terdapat dalam sabda Rasulullah ﷺ:

يُكَفِّرُ السَّنَةَ الْمَاضِيَةَ وَالْبَاقِيَةَ

(Puasa hari Arafah) menghapus dosa satu tahun sebelum dan setelahnya (HR. Muslim no. 1162).

Tata cara puasa Zulhijah tidak berbeda dengan puasa-puasa lain. Untuk berpuasa Zulhijah, jangan lupa untuk berniat puasa di malam harinya.

3. Berkurban

Di hari kesepuluh bulan Zulhijah, kita disunnahkan untuk bertakbir, shalat sunnah Hari Raya, dan berkurban. Kurban adalah ibadah yang paling Allah cintai di hari ini, sebagaimana sabda Rasulullah ﷺ:

مَا عَمِلَ آدَمِيٌّ مِنْ عَمَلٍ يَوْمَ النَّحْرِ أَحَبَّ إِلَى اللَّهِ مِنْ إِهْرَاقِ الدَّمِ

Tidak ada amal anak adam di hari Nahr (10 Zulhijah) yang lebih Allah cintai daripada mengalirkan darah (berkurban) (HR. Tirmidzi no. 1493).

Setiap anggota tubuh hewan kurban akan menjadi saksi bagi orang yang berkurban di hari kiamat, baik organ yang dimakan, maupun organ yang biasanya dibuang, seperti kuku, tanduk, dan bulu.

Allah juga memberikan ampunan bagi orang yang berkurban bahkan sebelum darah hewan yang disembelih sampai ke tanah.

Allah telah memberi kita begitu banyak kesempatan untuk meraih ampunan dan ridha-Nya mulai dari bulan Muharram hingga bulan Zulhijah. Mari kita menutup tahun ini dengan segala amalan yang mampu kita lakukan.

 

Link :

https://ngaos.com/doa-buka-puasa/

https://ngaos.com/doa-apabila-melihat-orang-yang-mengalami-cobaan/

https://ngaos.com/amalan-dan-khasiat-bacaan-sholawat-fatih/

https://ngaos.com/download-biografi-imam-abu-hanifah/

https://ngaos.com/donasi-dakwah-online-wakaf-al-quran-kitab-kuning/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.