Waspadalah terhadap Nafsu Amarah

Perlu diketahui, nafsu ammarah bi as-su’ (yang menyuruh kepada keburukan) itu merupakan musuhmu, selain Iblis. Setan bertambah kuat dengan hawa nafsu dan syahwatnya, karena hawa nafsu adalah senjata yang digunakannya untuk memburu mangsanya. Tidak ada yang menjerumuskan Iblis ke dalam kesombongan dan kedurhakaannya selain karena ia mengikuti) nafsunya. Allah SWT berfirman:

۞ وَمَآ اُبَرِّئُ نَفْسِيْۚ اِنَّ النَّفْسَ لَاَمَّارَةٌ ۢ بِالسُّوْۤءِ اِلَّا مَا رَحِمَ رَبِّيْۗ اِنَّ رَبِّيْ غَفُوْرٌ رَّحِيْمٌ53

Dan aku tidak (menyatakan) diriku bebas (dari kesalahan), karena sesungguhnya nafsu itu selalu mendorong kepada kejahatan, kecuali (nafsu) yang diberi rahmat oleh Tuhanku. Sesungguhnya Tuhanku Maha Pengampun, Maha Penyayang.

Maka dari itu, janganlah dirimu teperdaya dengan angan-angan dan tipu daya, karena di antara watak jiwa adalah merasa aman, berleha-leha, lesu, malas, dan lemah. Karena itu, ajakan hawa nafsu itu batil dan segala sesuatu yang berasal darinya adalah tipu daya. Jika engkau rida dengannya dan mengikuti ajakannya, niscaya engkau akan celaka. Jika engkau lalai dalam mengintrospeksinya niscaya engkau akan tenggelam. Jika engkau tidak sanggup menyelisihinya dan menuruti keinginannya, niscaya ia akan menggiringmu ke neraka.

Hawa nafsu adalah pangkal segala bencana dan sumber kekejian. Ia adalah perbendaharaan Iblis dan tempat tinggal segala keburukan. Tidak ada seorang pun yang mengetahui hakikatnya selain Penciptanya. Kita berlindung kepada Allah dari kejahatannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.